Musik ini pengantar bacaanmu di blog RDM

RENUNGAN RDM (BAG.2)









Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalamu'alaikum

Saudara dan saudariku fillah, saya hanya meminta waktu anda 5 menit untuk menyempatkan diri mentadaburi "Renungan dan Motivasi" ini, kemudian mengambil hikmah dari tulisan didalamnya:

1. Allah Kelak Menantang Orang2 di Padang Mahsyar : 

Mana orang-orang yg berjalan dimuka bumi dgn sombong? Mana pemilik gedung2 megah dan bertingkat? Mana yg mengaku keturunan ningrat? Dan,mana orang-orang yg mengaku jenius dan berakal briliant?
Katakan pada orang-orang yg sombong ketika di dunia, apa asalmu? Dan apa jenismu? Dan katakan padanya, sesungguhnya asalmu dari tanah dan jenismu dari sperma. Asalmu di injak-injak oleh kaki, dan jenismu berasal dari kotoran tubuhmu yg dibersihkan. Dan dari apa kamu tumbuh? Katakanlah, dari setetes mani yg hina, lalu Allah menciptakan dan menghidupkannya (Qs.Abasa,19). 

Dan Jika kamu masih tetap sombong, maka perhatikanlah apa yg ada di dalam perutmu? Kamu membawa kotoran didalam tubuhmu kemana-mana engkau pergi, Lalu apkh kamu tetap lantang menyombongkan diri setelah itu?
Al-Ahnaf bin Qais berkata: Sungguh mengherankan anak adam, dia takabur kepadaKU, padahal dia keluar dari lubang kencing 2x, sekali sebagai mani yg hina dan sekali lg sebagai jabang bayi !

2. Orang kaya memilih 5 hal, orang miskinpun memilih 5 hal:
Orang kaya memilih keletihan jiwa, kesibukan hati, menyembah dunia, beratnya hisab di akherat, dan derajat yg rendah.
Org miskin memilih ketenangan jiwa, kelapangan hati, beribadah kpd Allah, ringan hisabnya, dan derajat yg tinggi.
Lalu mana yg engkau pilih ??

3. Adakalanya hati menderita sakit spt badanpun mengalami sakit, maka Obatnya adalah TAUBAT.
Hati berkarat sebagaimana besi berkarat,dan pembersihny adalah DZIKIR.
Hati telanjang sebagaimana badan yg tlanjang, dan pakaiannya adalah TAKWA.
Hati lapar dan haus sebagaimana badan lapar dan haus, maka makan dan minumnya adalah mengenal Allah, tawakal, dan kembali ke jalanNya.

4. Kerasnya hati karena 4 perkara: Jika melebihi batas kebutuhan dlm makan, tidur, berbicara dan bergaul. Barangsiapa menginginkan kebersihan hatinya, hendaklah ia lebih mengutamakan Allah drpd syahwatnya.
Maka hendaklah kita bersikap sewajarnya dalam makan dan minum, dan tidak berlebihan dalam melayani nafsu. Karena nafsu itu jika sering dituruti, maka ia akan menuntut lebih banyak. Tapi jika engkau memberi sedikit sedikit, engkau yg akan menjadi pengendali.

5. Tiga (3) suara yg dicintai Allah Ta'ala:
kokokan ayam jantan, suara orang membaca Al-Quran, dan suara org yg beristighfar di waktu sahur 1/3 mlam.
Jadi masihkah suara lagu-lagu picisan di acara Musik TV itu yg engkau banggakan ?? Duh, Alangkah meruginya dirimu !

6. Jagalah Rumahmu (Hatimu)! 

Karena 'rumahmu' itu memiliki 9 pintu: 2 mata, 2 tangan, 2 kaki, 2 telinga, dan 1 lidah. 9 pintu ini adlh pangkal kejahatan skligus pangkal kebajikan. Kapn saja terbuka pintu2 itu tanpa kau sadari,maka rumahmu akan kecurian. Maka penangkalny hanya 1, dan ia ada didlm kamarmu (dadamu),yaitu IMAN.
Maka jagalah Rumahmu ( HATIMU ) !

7. Hati memiliki 6 kondisi yg berkisar padanya, 3 dibawah dan 3 lagi diatas.
3 yg dibawah adalah: Dunia dan perhiasannya, nafsu yg mengotorinya, dan syahwat yg menggodanya. Inilah 3 kondisi ruh saat berada dibawah.
3 yg diatas adalah: Ilmu yg bermanfaat baginya, Akal yg menunjuki jalannya, dan Allah yang disembahnya.
Hati berkisar pada 3 kondisi ini.
Maka pilihlah 3 yg diatas !
8. Belajarlah dari AWAN.

Lihatlah..ketika tawadhu', maka ia naik tinggi ke udara. Ia mengitari taman2, memercikkan mutiara dari embunnya, kemudia melewati Bulan yg menggersangkan, menumbuhkan dan memberi minum,
Kemudian ia ( Awan ) berkata pada dirinya: Aku harus bersikap tawadhu' dan turun menuju laut, maka Allah membalas ketawadhuannya, DIA menyuruh ombak untuk menyambut tetesan2nya, dan mengubahnya menjadi butiara2 mutiara yg disebut HUJAN, yg menumbuhkan tanaman2 petani dan peladang dan memberi minum kpd binatang ternak.

9. Sang junjungan Nabi Muhammad SAW bersabda:
"Tidaklah seseorang keluar dari rumahnya, kecuali pada pintunya terdapat dua bendera, 1 bendera ditangan malaikat dan bendera yg lain ditangan setan. Jika dia keluar untuk mencari ridho Allah, ia diikuti oleh malaikat dgn benderanya, ia terus berada dibawah bendera malaikat hingga kembali kerumahnya. Jika ia keluar utk sesuatu yg dimurkai Allah, ia diikuti setan dgn benderanya, dia terus berada dibwah bendera setan hingga kembali kerumahnya."
Dan tanyakanlah pada dirimu, jika keluar rumah bendera mana yg kamu pilih untuk bernaung dibawahnya..?
10. Dari Mughirah bin Utaibah, Nabi Daud Alaihissalam berkata:
" Ya Rabbi, apakah ada diantara makhlukMU yg terjaga sepanjang malam utk berdzikir kepadaMU lebih lama dari aku ?" Allah Ta'ala mewahyukan kepadanya," Ya, yaitu KODOK dimusim hujan !" ( HR.Ahmad )
Lalu..bagaimana dengan kita? Masih kalah dengan Kodok kah..??!! Kita sendirilah yg bisa menjawab !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar