Musik ini pengantar bacaanmu di blog RDM

'Hal-Hal Tak Boleh (dalam Islam) yang Dibolehkan'




Bismillah..
Assalamualaikum,

Seperti kita ketahui bersama didalm syariat islam bahwa ada hal2 yg tak boleh atau tidak dianjurkan kita lakukan, seperti: Berbohong, sikap sombong, wajah yg cemberut, terburu-buru, ghibah, sikap iri hati, dll.

Perlu diingat bahwa apa yg ingin saya bahas disini adalah hal-hal yang secara umum dilarang, atau minimal sangat dibenci di dalam Islam, namun dalam situasi tertentu hal tersebut boleh dilakukan, dan BUKAN karena suatu hal yg darurat, namun semata karena ada tujuan tertentu sehingga hal itu dibolehkan.

Berkaitan dgn hal tersebut, dan krn sebab2 tertentu maka syariat islam membolehkan kita melakukan hal2 yg dilarang tersebut, yuk kita preteli satu-satu...*hehe kayak apa aja dipreteli..

1. Berbohong yg Dibolehkan.
Ummu Kultsum binti Uqbah telah mendengar Rasulullah SAW bersabda : ”Bukan pendusta orang yang mendamaikan sengketa di anatara orang-orang lalu berkata baik atau mengusahakan kebaikan” (Bukhari Muslim)

Dari Ummu Kultsum berkata : Saya tidak pernah mendengar Rasulullah SAW memberi rukhshah (keringanan) untuk berbohong kecuali dalam 3 perkara yaitu : seseorang yang mengatakan suatu perkataan dalam rangka mendamaikan orang yang bersengketa, dan orang yang mengatakan suatu perkataan dalam peperangan dan seorang laki-laki yang mengatakan sesuatu pada istrinya atau istrinya terhadap suaminya (H.R. Muslim)

2. Sombong yg Dibolehkan.

Nasihat Imam Syafii: ‘Bersikaplah sombong kpd orang sombong sebanyak dua kali. ‘Bersikaplah sombong kepada pecinta dunia merupakan bagian ikatan Islam yang kokoh.’
‘Bersikap sombong kpd orang yang bersikap sombong kepadamu krn ia bangga dgn hartanya, adalah termasuk bentuk ketawadhuan'.

Sayyidina Ali berkata: "Rasulullah menyuruh kami bila berjumpa dengan ahli maksiat agar kami berwajah masam." (HR. Ath-Thahawi)

3. Cemberut yg Dibolehkan.
Dari Ibnu Mas’ud berkata : Rasulullah SAW bersabda,'Mendekatlah kamu kepada Allah dgn membenci orang2 ahli maksiat dan temuilah mereka dgn muka yg cemberut' (H.R. Ibnu Syahnin ).
*menurut Imam Suyuthi hadist ini dhaif.

4. Terburu-Buru yg Dibolehkan.
Rasulullah bersabda : 'Ada 3 perkara yang tak boleh ditunda-tunda bila sudah tiba waktunya, yaitu sholat bila telah datang waktunya, membayar hutang bila telah jatuh tempo, dan wanita bila telah datang laki2 yg melamarnya' (Muttafaq Alaih).


Imam Haatim al-Assam berkata,'Terburu-buru itu dari syaithan, melainkan lima hal:


1. Memberi makan tamu ketika dia datang

2. Mengurus jenazah ketika ada yg meninggal
3. Menikahkan anak gadis ketika telah mencukupi umurnya
4. Membayar utang ketika tiba waktunya
5. Buru-buru bertobat ketika melakukan dosa
6. Buru-buru berbuat kebaikan


5. Sikap Iri Hati.

Rasulullah bersabda,'Tidak ada iri hati kecuali terhadap 2 perkara : yaitu iri terhadap orang yang diberi Allah harta lalu dia membelanjakan pada jalan yang benar dan orang yang diberi ilmu lalu dia mengamalkannya dan mengajarkannya' (H.R. Bukhari).

6. Ghibah yang Dibolehkan.
beberapa ghibah yg diperbolehkan antara lain:
1. Bagi orang yang teraniaya
2. Mengharap Pertolongan
3. Untuk Meminta fatwa
5. Menjelaskan Keadaan atau kondisi seseorang agar mudah dikenali
6. Memperingatkan saudara kita dari keburukan seseorang

Barakallahufiikum..semoga bermanfaat,
Salam ukhuwah dan rajut silaturahim
Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar