Musik ini pengantar bacaanmu di blog RDM

'Ayat-Ayat Sajdah'


Bismillaah..

Ayat sajdah adalah ayat dalam al-quran yg ketika selesai membaca di ayat tersebut kita disunahkan utk bersujud. Sujud yg dilakukan setelah membaca ayat Sajdah disebut sujud Tilawah. 

Mengenai sujud tilawah ini, Ibnu Umar r.a menjelaskan:’Nabi saw membacakan kepada kami satu surah yg didalamnya terdapat ayat sajdah, lalu beliau bersujud dan kamipun bersujud’ (HR.Bukhari-Muslim).

Terdapat 15 ayat Sajdah dalam al-quran, yaitu:
Al-Araf: 206, Ar-Ra’d: 15, An-Nahl: 50, Al-Isra: 109, Maryam: 58, Al-Hajj: 18 dan 77, Al-Furqon: 60, An-Naml: 26, As-Sajdah: 15, As-Sa’d: 24, Fusshilat: 38, An-Najm: 62, Al-Insyiqaq: 21, Al-Alaq: 19.

Kenapa dalam ayat-ayat sajdah kita disunahkanutk bersujud? Karena pada ayat tersebut memang ada perintah untuk bersujud. 

Berikut saya nukilkan terjemahan masing2 ayatnya:
-      
       Al-Araf: 206 : Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya-lah mereka bersujud.

-       Ar-Ra’d: 15 :  Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari.

-       An-Nahl: 50 : Mereka takut kepada Tuhan mereka yang di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka).

-       Al-Isra: 109 : dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu'.

-       Maryam: 58 : mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, Yaitu Para Nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. apabila dibacakan ayat-ayat Allah yang Maha Pemurah kepada mereka, Maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.

-       Al-Hajj: 18 : Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. dan Barangsiapa yang dihinakan Allah Maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.

-       Al-Hajj: 77 : Hai orang-orang yang beriman, rukuklah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.

-       Al-Furqon: 60 : dan apabila dikatakan kepada mereka: "Sujudlah kamu sekalian kepada yang Maha Penyayang", mereka menjawab:"Siapakah yang Maha Penyayang itu? Apakah Kami akan sujud kepada Tuhan yang kamu perintahkan kami(bersujud kepada-Nya)?", dan (perintah sujud itu) menambah mereka jauh (dari iman).

-       An-Naml: 26 : Allah, tiada Tuhan yang disembah kecuali Dia, Tuhan yang mempunyai 'Arsy yang besar".

-       As-Sajdah: 15 : Sesungguhnya orang yang benar benar percaya kepada ayat ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong.

-       As-Sa’d: 24 : Daud berkata: "Sesungguhnya Dia telah berbuat zalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu untuk ditambahkan kepada kambingnya. dan Sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebahagian mereka berbuat zalim kepada sebahagian yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh; dan Amat sedikitlah mereka ini". dan Daud mengetahui bahwa Kami mengujinya; Maka ia meminta ampun kepada Tuhannya lalu menyungkur sujud dan bertaubat.

-       Fusshilat: 38 : Jika mereka menyombongkan diri, Maka mereka (malaikat) yang di sisi Tuhanmu bertasbih kepada-Nya di malam dan siang hari, sedang mereka tidak jemu-jemu.

-       An-Najm: 62 : Maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah (Dia).

-       Al-Insyiqaq: 21 : dan apabila Al Quran dibacakan kepada mereka (orang2 yg mengingkari firman Allah), mereka tidak bersujud.
(Catatan: karena kita berbeda dengan mereka yg mengingkari ayat2 Allah dgn tidak mau bersujud, maka kita bersujud sebagai bukti bahwa kita mengimani kebenaran firman2Nya).

-       Al-Alaq: 19 : sekali-kali jangan, janganlah kamu patuh kepadanya (orang2 yg mendustakan ayat2 Allah) ; dan sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada Tuhan).

Didalam mushaf Al-Quran, akhir dari setiap ayat2 sajdah ini biasanya ditandai dengan symbol bergambar masjid (mungkin pada mushaf yg anda miliki berbeda dgn symbol yg terdapat pada mushaf saya, jadi silahkan dicermati mushaf anda).

Rasulullah saw menjelaskan keutamaan sujud tilawah, yaitu: “Apabila anak adam membaca ayat Sajdah, lalu ia bersujud, maka setan akan menyingkir sambil menangis dan berkata,’sungguh celaka! Anak adam telah diperintahkan untuik bersujud, lalu ia bersujud, maka baginya adalah surge. Aku telah diperintahkan untuk bersujud, tapi aku durhaka, maka bagiku adlah neraka’” (HR.Muslim, Ahmad, dan Ibnu Majah).

Perlu diketahui adalah hokum sujud tilawah adalah sunah. Jika anda melakukannya maka bagi anda adalah pahala, dan bila tidak melakukan tidaklah mengapa. Tapi sebaiknya saya sarankan anda untuk bersujud (toh gak ada ruginya kan hehe ).

Zayd bin al-Aslam r.a berkata,”Sesungguhnya ada seorang pemuda membaca ayat sajdah disamping nabi saw, ia berhenti sebentar dari bacaannya dan menunggu nabi saw bersujud, tapi beliau tidak bersujud. Maka ia bertanya,’Wahai rasulullah, apakah tidak ada sujud pada ayat sajdah ini?’, beliau menjawab,’Ada. Tetapi engkau menjadi imam dalam hal ini (karena engkau yg membaca). Jika engkau bersujud, maka kamipun pasti bersujud’” (HR.Ibnu Aby Syaybah).

Adapun tatacara sujud tilawah adalah sebagai berikut:

Setelah selesai membaca ayat sajdah, bertakbiratul ikhram lalu bersujud 1x.

Ibnu Umar berkata,”Pernah nabi saw membacakan al-quran kepada kami. Ketika sampai pada ayat sajdah, beliau bertakbir dan sujud, maka kamipun bersujud bersama beliau” (HR.Abu Dawud).

Barakallahufiikum
semoga manfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar