Musik ini pengantar bacaanmu di blog RDM

‘Etika Sholat Tarawih Bagi Akhwat'





Bismillah..
Assalamualaikum,


Bberapa waktu yg lalu byk pertnyaan yg mampir di inbox: 'Bagaimana hukumnya wanita sholat taraweh dimasjid? krn sholat taraweh itu hukumnya sunnah, dan wanita jg lebih baik sholat nya adlh di rumah. bgmn mbak..??'


'Pertanyaan itu sengaja saya pending krn saat itu waktu ramadhan masih agak lama (alasan tepatnya sih krn lagi nyari2 referensi dulu hehehe :D ). Jadi kini saatnya yg tepat utk menjawab pertnayaan tersebut.

Hmmm..ini dia penjelasannya:

Seorg sahabiyah nabi brnama Ummu Humaid meminta ijin kpd nabi saw utk mengikuti shalat bersama Rasul di masjid, apa jawaban rasul? Bliau menjawab, "Sungguh aku tahu, bahwa engkau senang shalat bersamaku, padahal shalatmu di dalam kamar lebih baik dari pada shalatmu di rumah, dan shalatmu di dalam rumah lebih baik dari pada shalatmu di masjid kampungmu, dan shalatmu di masjid kampung lebih baik daripada shalatmu di masjidku ini." (HR. Ibnu Khuzaimah. Al albani menshahihkan).

Ada juga sebab larangan seorg wanita mengikuti sholat taraweh di masjid. larangan itu secara umum mendsarkan diri pada hadist berikut: "Sesungguhnya wanita adalah aurat, apabila dia keluar, maka setan menghiasnya. Dan sedekat2nya seorang wanita kepada Tuhannya adalah tatkala ia berada di bagian paling tersembunyi di rumahnya." (HR.Tirmidzi).


Mencermati 2 hadist diatas, maka kita bisa mengambil kesimpulan bhwa sebaik2nya sholat sunnah (dalm hal ini taraweh) bagi wanita adalh dirumah, BUKAN dimasjid.Akan tetapiiiiiiii...benarkah demikian?

kalau kita menelan secara kering konteks hadist diatas tentu saja berarti bhwa wnita LEBIH BAIK sholat taraweh dirumah. tetapi ISLAM tidak mengajarkan kita utk menjadi muslim yg kolot dgn mencerna bgitu saja apa yg ada didalam teks suatu hadist.


Bagaimna jika kita (kaum wanita) bener2 ingin menambah amal kebaikan di bulan penuh berkah ini dgn mengikuti sholat jamaah tarawih di masjid?Maka ada etika2 tertentu yg wajib di perhatikan. Apa saja itu? here there are: * halah gayanya pake inggris..:B


1. IKHLASH

Sebaiknya ketika berangkat ke masjid ., dari rumah sudah benar2 ikhlas karena Allah. Bukan karena ingin bertemu dgn temen2 atau ibu2 yg lain. . Ingat sabda rasul dlm hal ini,"Barang siapa mendatangi masjid untuk tujuan tertentu, maka itulah yang menjadi bagiannya." (HR. Abu Daud).jadi tergantung niat kamu ke masjid. ap yg menjadi niatmu, itu yg kamu dapatkan..hihi ngertos yak? :)


2. MEMINTA IZIN

wanita gadis (belum menikah) yg akan pergi ke masjid dianjurkan utk meminta izin kepada ayah dan ibunya. dari Ibnu Umar, ia mndengar rasulullah bersabda, “Janganlah kalian melarang wanita untuk mendatangi masjid, bila mereka minta izin kepada kalian." (HR. Muslim)

JADI..bagi seorg gadis yg belum menikah, pastikan bhwa kamu mendapat ijin dari ayah dan ibu ketika hendak sholat tarawih di masjid. okey..?

Lalu bgmn dgn wanita yg sudah menikah...??

Di dalam sabda beliau yg lain, "Apabila istri kalian meminta izin untuk pergi ke masjid, maka berilah mereka izin." (HR.Muslim)

Jika telah mendapatkan izin, silakan ke masjid, namun jika tidak diizinkan janganlah berangkat, karena taat terhadap suami harus LEBIH didahulukan daripada ibadah sunnah (sholat taraweh), demikian pula seorang gadis (belum menikah) jika tidak diizinkan ayahnya.


CATATAN : Tentu saja larangan yg dimaksud ayah atau suami tersebut dgn alasan yg sangat kuat dan bisa dipertanggungjawabkan serta tidak melanggar syari. Kalau larangan ayah atau suami kepada wanita untuk shalat di masjid tersebut tanpa alasan yg dibenarkan maka bisa dikatakan ayah atau suami tersebut telah menghalangi niat baik istri atau anak yg akan berbuat kebaikan. Jadi hati-hati memaknai hadist ini..!!


3. BERHIJAB (MENUTUP AURAT)

Jangan sampai pergi ke masjid dalam kondisi tabarruj, yaitu berdandan berlebihan dan seronok, sengaja memancing perhatian, berpakaian ketat serta menampakkan perhiasan atau auratnya, sebab sekali lagi harus diingat, bahwa jika wanita keluar rumah, maka syetan menghiasnya, sehingga kelihatan menggoda dan menarik. shingga akan byk suitan di jalan dari laki2 iseng yg menggoda. aduuuhhh...


4. TIDAK MEMAKAI PARFUM

Rasulullah telah melarang wanita yg menggunakan minyak wangi untuk menghadiri shalat Isya', sebagaimana dalam hadits riwayat Imam Muslim. Bukan sekedar itu saja, bahkan Rasulullah memberikan peringatan lebih keras lagi dalam hal ini, sbagaimana sabda beliau, "Wanita mana saja yang menggunakan parfum lalu keluar pergi ke masjid, maka shalatnya tidak di terima sebelum dia mandi." (HR. Al-Baihaqi).


Demikian kiranya yg bisa saya sampaikan.Sebenarnya ada 10 point dalam hal ini dari bebrapa sumber yg saya kutip, tapi 4 point tersebut adalah yg paling umum terjadi, jadi saya rasa 4 point itu sudah cukup utk dijadikan PERHATIAN dan WARNING bagi kaum wanita dalam etika sholat sunah tarawih di masjid. sekaligus untuk menjawab semua pertanyaan tentang boleh atau tidaknya seorg wanita utk sholat tarawih di masjid.


Barakallahufiikum..semoga bermanfaat utk semua,
tulisan ini masih bisa di kritik, ditambahi dan disempurnakan. silahkan dan sumonggo..^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar