Musik ini pengantar bacaanmu di blog RDM

Gambaran Surga dan Para Bidadari Penghuninya


Bismillahirrahmaanirrahiim..
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Wahai saudara dan sudariku...
Jika sakit menerpamu, atau kesempitan hidup menimpamu, dan kesedihan hati meliputimu, maka kembalilah kepada Allah, kepada Dzat Yang Maha Menggenggam Hati..dan saya ingatkan dirimu akan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi hamba2Nya yang bertakwa.

Disediakan bagi mereka SURGA yang tinggi,yg didalamnya terdapat kenikmatan yg tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga, dan tidak pernah terlintas dalam hati manusia.

Surga yang didalamnya terdapat kamar2 yg terlihat luarnya dari dalam dan tampak dalamnya dari luar..
Surga yang kehidupannya abadi, bagi siapa yg bertistiqomah dalam menjalankan perintahNya..
Taman-tamannya berbunga, bagi siapa yg malam2nya begadang utk beribadah kpd Allah…
Airnya melimpah, bagi siapa yan menghidupkan hatinya dgn berzikir kpd Allah…

Jika kamu bertanya tentang bumi dan tanahnya, maka ia adalah Kasturi dan Za’faran…
Jika kamu bertanya tentang atapnya, maka ia adalah Arasy Ar-Rahman..
Jika kamu bertanya tentang dindingnya, maka ia adalah Kasturi yg semerbak mewangi..
Jika kamu bertanya tentang pohonnya, maka tidak ada satu pohonpun kecuali dahannya dari Emas dan Perak…

Jika kamu bertanya tentang buahnya, maka ia seperti pohon anggur..lebih lembut dari keju dan lebih manis dari madu. Engkau bisa memetiknya meski sambil berbaring…
Jika kamu bertanya tentang sungainya, maka ia adalah sungai dari susu yg tidak pernah berubah rasanya, sungai dari arak yg lezat bagi yg meminumnya serta sungai dari madu yang murni..

Jika kamu bertanya tentang makanan para penghuninya, maka ia adalah daging burung yg diinginkan dan buah-buahan yg mereka pilih sesukanya, ketika mereka membayangkan sesuatu, maka tiba-tiba muncul apa yg dibayangkannya itu dihadapannya..
Jika kamu bertanya tentang minumannya, maka ia adalah Tasnim dan Jahe yang belum pernah ada didunia…

Jika kamu bertanya tentang wadah2nya, maka ia terbuat dari emas, perak, dan kaca-kaca yg bening…
Jika kamu bertanya tentang pakaian mereka, maka ia adalah emas, sutera, dan zamrud yg berwarna hijau…
Jika kamu bertanya tentang hamparan lantainya, maka ia adalah permadani dari sutera yang tebal dan sangat lembut..

Jika kamu bertanya tentang naungannya, maka didalamnya terdapat sebatang pohon yg jika seorang berkendaraan dengan cepat selama seratus tahun, maka bayangannya tidak ada habis2nya…
Jika kamu bertanya tentang anak2 mereka, maka mereka adalah pelayan2 yang tetap muda dan tidak akan pernah tua, bagaikan mutiara yg bertaburan…

Jika kamu bertanya tentang pengantin dan pasangan mereka, maka mereka adalah gadis2 cantik jelita dan sebaya umurnya, yang mengalir dalam tubuh mereka darah kepemudaan. Pipi mereka merona bagai kelopak bunga dan meranum laksana buah apel, dada mereka bagaikan buah delima, batu permata yang tersusun, dikandung oleh mulut, kelembutan yg mengelilingi pinggang, matahari berjalan dari keindahan wajahnya jika dia tampak, kilau cahaya bagai mutiara keluar dari giginya jika dia tersenyum…
------------------------------------------------------------

Dan Jika kamu bertanya tentang para BIDADARI penghuninya, maka Allah telah memberikan gambaran sifat-sifat terindah dari bidadari surga dengan perumpamaan sebagai berikut:

Dari Ummu Salamah Ra, dia berkata,
” saya bertanya kepada Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam ,” Yaa Rasulullah, jelaskanlah padaku firman Allah yg mengatakan tentang bidadari-bidadari surga yang bermata jeli !”.
Beliau menjawab:” Yaitu bidadari yg kulitnya putih bersih dan dipingit dalam rumah, sumsumnya terlihat dari balik dagingnya, lehernya jenjang, matanya jeli dan bening, dan rambutnya berkilau laksana sayap burung nazar..”.

Saya berkata lagi,Jelaskan padaku tentang firman Allah: ‘Bidadari itu laksana mutiara yang tersimpan baik..'(Qs.Al-Waqiah; 23 ).
Beliau menjawab:Kebeningannya seperti kebeningan mutiara di kedalaman lautan, tidak pernah tersentuh tangan manusia “.

Saya berkata lagi,Jelaskan padaku tentang firman Allah: ‘Didalam surga itu ada bidadari-bidadari yg baik-baik lagi cantik-cantik..' ( Qs.Ar-Rahman; 70 )
Beliau menjawab:Akhlaknya baik dan wajahnya cantik jelita, tujuh puluh kali lebih cantik dari wanita tercantik yang ada didunia..”.

Saya berkata lagi,Jelaskan padaku tentang firman Allah: ‘Bidadari itu seakan-akan mereka adalah telur yang tersimpan dgn baik..' ( Qs.Ash-Shaffat; 49 )
Beliau menjawab:” Kelembutannya seperti kelembutan kulit yg ada dibagian dalam telur dan terlindung kulit telur bagian luar, atau yg biasa disebut putih telur..’.

Saya berkata lagi, Wahai rasulullah, jelaskan padaku tentang firman Allah: ‘Bidadari yang penuh cinta lagi sebaya umurnya..'( Qs. Al-Waqiah; 37 )
Beliau menjawab: Mereka adalah wanita2 yang meninggal didunia pada usia lanjut, dalam keadaan rabun dan beruban. Itulah yg dijadikan Allah tatkala mereka didunia. Lalu DIA menjadikan mereka sebagai wanita2 gadis, penuh cinta, bergairah, mengasihi dan umurnya sebaya. Di surga tidak ada nenek-nenek juga tidak ada kakek-kakek..’.

Saya berkata lagi,” Jelaskan padaku ya Rasulullah, manakah yang lebih utama, wanita-wanita didunia ataukah bidadari yg bermata jeli itu..?”
Beliau menjawab:Bidadari2 itu cemburu kepada wanita dunia. Dan wanita-wanita didunia lebih utama drpd bidadari-bidadari yg bermata jeli, seperti kelebihan apa yg tampak daripada yg tidak tampak “.

Saya berkata,” Ya rasulullah, karena apa wanita dunia lebih utama daripada bidadari2 surga ?”.
Beliau menjawab:” Karena sholat mereka, puasa, dan ibadah-ibadah mereka kepada Allah. Allah meletakkan cahaya diwajah mereka ( bidadari), tubuh mereka adalah kain sutera, kulitnya putih bersih, pakaiannya berwarna hijau, perhiasannya kekuning-kuningan, sanggulnya mutiara dan sisirnya terbuat dari emas. Mereka ( para bidadari ) berkata,’Kami hidup abadi dan tidak mati, kami lemah lembut dan tidak jahat sama sekali, kami selalu mendampingi dan tidak beranjak sama sekali, kami ridho dan tidak pernah bersungut-sungut sama sekali. Berbahagialah orang yang memiliki kami dan kami memilikinya’.

Saya berkata,” Ya Rasulullah, jelaskan kepadaku tentang sosok bidadari surga..“.
Beliau menjawab:wahai Ummu Salamah, Allah telah mensifati bidadari penghuni surga itu sebagai kawa’ib, yang artinya gadis2 remaja. Payudaranya sudah tumbuh sempurna, bentuknya bulat dan tidak menggelantung kebawah. Kulitnya putih bersih, yang sumsum tulangnya kelihatan dari balik dagingnya sebagaimana minuman berwarna merah di gelas kaca yang putih. Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni2 surga yg menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh Jin ( Qs.Ar-Rahman; 74 )”.
-------------------------------------------------------------------------

Wahai saudara dan saudariku..jika akhir perjalanan adalah tempat tinggal yg seperti ini, apakah layak jika kita masih bersedih..?? Jika seperti inilah tempat kembali bagi orang mukmin yg beramal soleh, masih akankah kita menunda-nunda utk beramal sebanyak yg kita bisa…??!!

Semoga motivasi ini bermanfaat buat semua..
wassalam..jabat erat dan salam hangat utk semua..

******-----------******

Sumber: “ Taman Orang-Orang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu “ karya: Syaikh Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar