Musik ini pengantar bacaanmu di blog RDM

RENUNGAN : Wahai Ikhwan dan Akhwat, Menangislah...!








Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat RDM yang dimuliakan Allah...
Ijinkan saya berkisah, suatu kisah imajinatif tentang cinta 2 anak manusia, antara seorang ikhwan dan akhwat. Mereka sudah bersahabat sangat lama sejak masa-masa SMA hingga di bangku kuliah, serta aktif di sebuah organisasi kemahasiswaan yg menjadi momok bagi sebagian besar mahasiswa, apalagi kalau bukan organisasi dakwah LDK alias Lembaga Dakwah Kampus.

Ketika suatu hari seorang ikhwan mengirimi sms cukup panjang kepada sang akhwat, begini bunyi smsnya:

Duhai ukhti...
Kaulah mata para pecinta, dan sari dalam bunga, jantung segala hidangan.
Kaulah mawar, mekar bersama fajar..
Dan sang dara menciumku lalu menyematkanku ke dadanya.

Kau lebih manis dari senyum bunga, dan lebih indah dari harum melati,
Kau terungkap dalam hati yg menjerit,
Kau sempurna dalam hasrat jiwa,
Dan menggema dihatiku dalam ruang kosong penuh cinta.

Dan seperti awan berarak yg mengikuti langit biru
Akupun hanya bisa memegangi ujung terjauh pakaianmu
Dan melupakan impian2ku bersamamu yg tidak mungkin menjadi nyata.

Lalu kemanakah aku akan nmembawamu, duhai sang dewi yg mempesona..?
Berapa lama lagi engkau dapat bertahan..
Mengikuti jejak langkahku yg penuh onak dan duri
Onak dari maisyahku, dan duri dari orang tuaku..??

Inti dari sms tersebut adalah: Sang ikhwan ingin menikahi si akhwat tapi dia belum mampu dalam segi maisyah ( nafkah ), pun terhalang oleh ketidak setujuan orang tua. Hikz..hikz..tragis yach ??
------------------********----------------

Sang akhwat yg menerima sms tersenyum haru. Ada seberkas mendung diwajahnya, dua buah kristal bening mengambang di sudut matanya, tapi hatinya justru berbunga-bunga. Mendung diwajahnya karena dia tahu hasrat si ikhwan yg ingin menikahinya tapi terhalang maisyah ( nafkah ) yg sama sekali dia belum mampu. Berbunga-bunga hatinya karena dia tahu betapa cintanya si ikhwan kepada dirinya.
Hmmmmm..benarkah itu CINTA ??? ^.^

Dan akhirnya si akhwat membalas sms si ikhwan dengan kalimat pendek dan sederhana:

Duhai akhi..
Sebenarnya apa yang kau miliki..
Sehingga dirimu begitu merajai seluruh anganku
Mengalir dalam detak jantung dan setiap aliran darah
Membawa sinyal-sinyal indah di alam pikiranku
Dan sedikitpun ku tak bisa berpaling..!

Hmmmm..Renungkanlah duhai saudara saudariku pembaca RDM yang kucintai..
Benarkah sms-sms tersebut adalah cinta..? Yakinkah bahwa kalimat-kalimat dahsyat bak pujangga itu adlah ungkapan cinta mereka yg suci..? Begitukah sosok yg disebut Ikhwan dan Akhwat..???

Meminjam kalimat yg dilontarkan oleh saudari saya Ummy Annisa di note saya sebelumnya "Inikah Kejujuran Seorang Ikhwan", saya jadi tersenyum membacanya. Begini dia berkomentar," Ikhwan aja ada yg kyak bakwan, berarti akhwat ada juga yang sperti kawat, mudah di lenggak lenggokin. Wal 'iyadzubillah. Hmmm.."

Hehe..rasanya pas banget komentar itu ditujukan kepada dua anak manusia yg dilanda cinta ini. Bagaimana mungkin seorang ikhwan dan akhwat yg aktif dalam dakwah bisa melontarkan sms-sms yg demikian menggebu dan mendayu-dayu seperti itu..?? Tidak hanya akan mengotori hati, tapi juga akan membuat cacat ukhuwah dalam dakwah. Bisa jadi dakwahnya jadi melempem, loyo, gak semangat, dll...hanya karena ada cinta diantara mereka yg terhalang oleh sekat tak terlihat, karena hanya mereka berdua yg tahu, dan Allah SWT.

Karena itu hai Ikhwan dan akhwat..Menangislah !!!
Menangislah wahai ikhwan, karena sikap jantan akan cintamu tidak diukur dgn sedikit liter airmatamu yg kau tumpahkan. Sikap jantanmu diukur dari seberapa besar engkau mampu meredam gejolak syahwat cintamu, dan berapa byk hal yg telah kau berikan menegakkan nilai2 islam dalam dakwahmu.

Menangislah wahai akhwat..
Mengapa kau harus malu utk menangis. Bukankah waktu engkau baru lahir menghirup aroma dunia, engkau juga menangis? Lalu kenapa skrg kau harus malu mengakui dosa2 hatimu yg telah terkotori dengan syair2 cinta dari sang ikhwan yg bukan siapa-siapamu kecuali hanyalah kawan berdakwah..?

Menangislah wahai Ikhwan..
Tidak usah gengsi utk sekedar membiarkan butiran airmata mengalir dari sudut matamu. Karena itu menunjukkan bahwa kau masih seorang manusia yg memiliki perasaan. Janganlah hanya menangis karena cinta, tapi menangislah seperti ketika engkau melihat serdadu2 yahudi israel yg menginjak-injak kehormatan saudara2 kita di Palestina.

Menangislah wahai Akhwat..
Jangan hanya menangis karena cintamu yg tidak kesampaian, tapi menangislah seperti ketika engkau melihat saudari2mu yg sesama muslimah berkubang dalam dosa dan maksiat di club-club malam dan tempat2 maksiat.

Menangislah wahai Ikhwan..
Mengapa engkau masih ragu utk menangis? Apakah hatimu sudah terbuat dari batu, tidak seperti wanita yg hatinya terbuat dari sutera? Mengapa kau masih ragu dan membiarkan kristal2 bening itu tertahan? Bukankah engaku juga pernah menangis saat cinta pertamamu ditolak? jujurlah pada hatimu...!

Wahai Ikhwan dan Akhwat...Menangislah saudaraku !!
Bukankah engkau juga pernah menangis bersimbah peluh dan derai airmata tercurah ketika kau menghadapNYA di sepertiga malam..?? Menangislah, karena airmata yg kau kucurkan karenaNYA kelak akan berbicara dan menjadi saksi yg akan meringankan siksamu di yaumil akhir. Insyaallah...

Menangislah wahai ikhwan dan akhwat..
BUKAN menangis karena kegagalan cinta, tapi karena terkotorinya hati kita karena cinta itu sendiri.
Maka dari itu..,adalah benar bagi seorang muslim, untuk tidak menyikapi datangnya cinta yg memang belum saatnya. Kecuali engkau telah mampu dalam segala segi untuk menikah.

Dan akhirnya...menangislah saudaraku semua, menangislah saudara dan saudariku seiman dan seakidah di seluruh penjuru bumi nusantara. Menangis karena dosa2 kita kepadaNya. Karena airmata bukan hanya milik kaum hawa, tapi milik kita semua, karena semua manusia mempunyai dua mata yg berhak utk membasahi kornea.

Barakallahufikum..semoga bermanfaat
Banyak sayang dan cinta,
Wassalamualaikum

SenyuM

2 komentar:

  1. hmm begitu sangat terharu kata2 nya

    BalasHapus
  2. i like this one. im very happy if you visit me back on http://adinut.blogspot.co.id/
    #happyblogging

    BalasHapus